Wednesday 11 December 2013

Cara Backup Dan Restore Data Di Windows

Selamat Malam sob,,

Melanjutkan Postingan Sebelumnya Tentan,
Tips Install Ulang Windows 7 Dengan Gambar
Saya akan kasih tips setelah install ulang Windows nya,yakni membackup dan restore data Windows.
Fungsi Backup dan Restore data ini adalah pada saat sistem operasi kita mengalami permasalahan yang serius maka kita hanya perlu mengembalikan backup sistem tersebut tanpa harus proses instal ulang.Cara ini tidak memerlukan Software apapun, karena fitur ini sudah tersedia langsung pada Windows 7,  Tetapi sebelum melakukannya pastikan dahulu  PC  kita dalam keadaan Baik supaya proses RESTORE data dapat baik dalam mengembalikan sistem dan data seperti dahulu.

Langsung aja sob,,

Cara Backup :

- Klik start, lalu pada computer pilih drive C: (tempat sistem operasi sobat) lalu klik kanan. Pilih Properties =>  tools, kemudian klik BACKUP now.



- Selanjutnya pilih “Create a system image”. Setelah anda memilih”Create a system image” WINDOWS akan mencari lokasi dimana backup image ditempatkan. Sobat bisa memilih dimana tempat backup yang anda tempatkan (harus berbeda dengan drive C: / drive sistem operasi anda). Sobatjuga bisa memilih tempat di DVD jika punya.




- Setelah proses diatas (lihat gambar) lalu klik next. Aplikasi akan mengkonfirmasikan sistem yang akan dibackup sebelum berlanjut ke langkah berikutnya (beri tanda centang apabila ingin melakukan backup, dan jika tida ingin melakukan backup, hilangkan centang). Klik next. Proses backup sedang berjalan, lamanya proses ini tergantung seberapa besar ukuran sistem operasi sobat.






Cara Membuat CD Recovery:

- Untuk menjalankan proses pemulihan hendaknya membuat CD RECOVERY  yang akan membantu proses restore nantinya. Untuk itu kembali ke proses “Backup and Restore”. Pilih “Create a system repair disc” selanjutnya masukkan CD kosong ke optical drive. Klik next dan proses burn dimulai.



- Setelah proses selesai, Windows akan menampilkan jendela konfirmasi agar CD recovery siap digunakan dalam proses pemulihan.

 Cara Restore :


- Masukkan CD recovery ke optical drive, restart komputer. Atur boot agar dimulai dari CD/DVD ROM. Nantinya akan terbuka jendela “System Recovery Options”. Pilih “Restore your computer using a system image that you created” klik next.
- Silakan cari posisi dimana file backup dibuat. Secara otomatis, sistem yang ada ditempa dengan sistem operasi dari file backup. Tunggu proses selesai dan sistem akan kembali ke posisi sedia kala.

Perlu Di ingat :



Cara ini akan lebih baik jika anda melakukannya setelah proses install ulang dimana telah terpasang driver dan aplikasi standar.


Selamat Bekerja,,
Semoga Bermanfaat,,
Salam Zae





Bagikan ke :
Selanjutnya
Sebelumnya

Hanya manusia biasa, yang tak luput dari salah dan dosa. Terus berusaha dan berdo'a untuk mencari keridhaan-Nya. Ngblog untuk mengisi waktu luang dan memberikan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh para pengguna internet.

0 Comment: