Sunday 29 December 2013

Pengertian Tajwid Dan Penerapan Dalam Membaca Al-Qur'an





Pada sebelumnya saya sudah share Software Tajwid dan Makhorijul Huruf ,sekarang saya akan free share dengan mengulas sedikit tentang bagaimana hukum dari kita mempelajari ilmu tajwid,untuk kita terapkan dalam membaca Al-Qur'an.

Al-Qur'an adalah kitab suci kita sebagai umat muslim yang harus kita amalkan dalam kehidupan ini.didalam Al-Qur'an terdapat kandungan makna yang begitu banyak bagi hidup kita sebagai manusia.Namun untuk mendapatkan itu,kita diharuskan belajar ilmu-ilmu yang mengarah kesana,diantaranya yang paling mendasar setelah kita bisa membacanya,adalah kita diharuskan memahami ilmu Tajwid nya.

Tajwid Menurut bahasa diambial dari kata :

 جوّد-يجوّد-تجويدا

Yang berarti bagus dan membaguskan.Dalam ilmu Qiroah tajwid diartikan dengan mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya.jadi ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menyembunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam kitab suci Al-Qur'an maupun yang lain.
Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an :

 و رتل القران ترتيلا (المزمّل : 4)

artinya : 'bacalah Al-Qur'an dengan tartil ".

Jadi ilmu tajwid sangatlah penting sekali karena berkaitan dengan perintah Allah SWT kepada kita untuk membaca Al-Qur'an dengan tartil.Dengan ilmu tajwid,kita akan menemukan tartil yang dimaksudkan Allah SWT didalam firman-Nya untuk kita bisa membaca A-Qur'anyang baik dan benar.Karena jikalau kita tidak menerapkan ilmu tajwid didalam bacaan Al'Qur'an kita,maka hukumnya dosa,dan Al-Qur'an akan melaknat kita sebagai pembacanya yang tidak baik dan benar.

Demikianlah postingan saya tentang Pengertian Tajwid Dan Penerapan Dalam Membaca Al-Qur'an,
semoga dapat bermanfaat bagi sobat semuanya.

Salam zae
Bagikan ke :
Selanjutnya
Sebelumnya

Hanya manusia biasa, yang tak luput dari salah dan dosa. Terus berusaha dan berdo'a untuk mencari keridhaan-Nya. Ngblog untuk mengisi waktu luang dan memberikan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh para pengguna internet.

0 Comment: