Wednesday 17 May 2017

Karangan Muhammad Rifa'i Tentang GUS DUR

GUS DUR
KH. ABDURRAHMAN WAHID
BIOGRAFI SINGKAT 1940 - 2009

SANG GURU BANGSA


Part 1

Siapa yang tak kenal GUS DUR? Bagaimana kita tidak mengenal Gus Dur sedangkan perjuangan dan pemikiranya sangatlah fenomenal,unik,dan langka.Secara fisik ia adalah sosok yang mudah dikenai dengan ciri khas tubuh tambun dan perut buncitnya.

Sejak kecil Gus Dur selalu mengenakan kaca mata tebal.Matanya yang sebeleh kiri hampir bisa dikatakan mengalami kebutaan atau tertutup total,sementara mata sebelah kanannya diperkirakan kurang baik penglihatannya.Giginya tidak rata dan agak kuning.Rambut hitam berombak dan terkadang tidak tersisir rapi.Kalau berjalan tidak sendirian,dan tidak terlalu sempurna untuk berjalan lantaran beban berat tubuhnya.

Penampilannya terlihat sederhana.Kehangatan selalu terpancar dari cara dia menghadapi para tetamunya yabng tak hentinya berkunjung. Pakaianya juga tidak terlalu mewah,bahkan terkesan sangat sederhana.

Namun demikian,ada ciri khas yang sangat istimewa pada sosok Gus Dur,yang membedakannya dengan sosok dan tokoh indonesia dari dulu sampai sekarang,yakni cara bicaranya yang ceplas-ceplos tanpa ada rasa takut.Bisa dikatakan sosok Gus Dur adalah salah satu kebanggaan indonesia di tingkat dunia,karena hanyalah beliau yang kurang sempurna secara fisik tapi bisa dan pernah menjadi presiden.

Disamping itu,rasa percaya dirinya begitu tinggi,baik saat ia berada di kekuasaan maupun diluar kekuasaan.Humor dan anekdotnya juga selalu dan muncul dalam setiap kesempatan,baik dalam acara resmi ataupun tidak.Inilah kemudian menjadikanya pusat perhatian orang-orang dari golongan manapun untuk setia menanti joke-joke segarnya.

Sisi lain Gus Dur yang membuatnya terkenal adalah konsistensinya memperjuangkan nilai-nilai kemanuaisaan.Perjuangan akan nilai-nilai kemanusiaan itu terlihat sebagaimana ia memperhatikna nasib kalangan kecil yang tertindas,termasuk kalangan minoritas.

Untuk itu,ia sering mengunjungi,menyambangi,dan membela hak-hak kaum kristiani jika mereka dianiaya,dan membela kaum china,yang mengalami beberapa kali peristiwa tragis,baik berupa pemalakan,pemerkosaan,maupun pembunuhan.Semua itu diperjuangkan secara konsisten,ulet,dan penuh dedikasi tinggi.

Pemikiranya bisa dikatakan ajaib karena sering melakukanterobosan unik.Tulisan-tulisan esainya yang sederhana mengenai berbagai hal yang sangat terkenal,mulai demokrasi,nasionalisme,perpolitikan,keagamaan,ke NU an,pesantren,geopolitik dunia,yang disampaikan secara sederhana dan halus,padahal dalam tulisan tersebut sebenarnya banyak mengutip para pemikir kelas berat,seperti Karl Marx,Lenin,Tolstoy,maupun Rusdhy.
Bagikan ke :
Selanjutnya
Sebelumnya

Hanya manusia biasa, yang tak luput dari salah dan dosa. Terus berusaha dan berdo'a untuk mencari keridhaan-Nya. Ngblog untuk mengisi waktu luang dan memberikan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh para pengguna internet.

0 Comment: