Thursday 22 March 2018

Pukul Berapa Sekarang?.. Dan Apa Yang Dimaksud Dengan Jam?

Selamat siang sob...
Semoga dalam keadaan sehat dan bebijaksana...

Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan sebuah tulisan tentang pukul dan jam. Tulisan yang menurut saya unik dan lumayan baik, untuk dibaca dan dipahami isi maupun maknanya. Okeh langsung saja sob, disimak penjelasannya dibawah ini.

Pukul Berapa Sekarang?.. Dan Apa Yang Dimaksud Dengan Jam?

PUKUL BERAPA SEKARANG ?
Barangkali sobat pernah bermain permainan yang bernama "Pukul berapa sekarang, Pak Serigala?". Sobat juga mungkin tahu sebuah lagu yang berbunyi "Kalau anda ingin tahu pukul berapa sekarang, tanyakan pada Pak Polisi". Mungkin tak ada pertanyaan dalam bahasa apapun yang lebih sering ditanyakan dan tidak ada pula yang lebih mudah dijawab. Di jalan-jalan di kota kecil atau besar sobat jarang berada jauh dari jam. Di tempat dan di desa terpencil, radio dan televisi menyiarkan tanda-tanda waktu dengan sangat teratur, yang makin lama makin kita perlukan di abad kini di mana sebagian besar hidup kita diatur menurut jam, bahkan menurut menit.

Kita terlalu banyak bergantung pada pengatur waktu yang kita anggap ialah paling tepat, sehingga sulit untuk membayangkan sebuah dunia tanpa jam dan jam tangan. Dalam sejarah kemanusiaan jam mekanis merupakan suatu penemuan yang belum lama diperoleh. Jam modern kita yang terbaik begitu teratur jalannya sehingga tidak akan cepat atau lambat sedetik pun dalam beratus-ratus tahun. Itulah hasil dari percobaan-percobaan dan penyelidikan-penyelidikan yang telah banyak dilakukan oleh para sarjana dan para penemu.

Usaha pertama yang sungguh-sungguh untuk mengukur waktu terjadi di Mesir kira-kira 3.000 tahun yang lalu. Juga di Mesir kira-kira pada waktu yang sama orang mulai memperoleh cara bagaimana mengukur dan memeriksa secara menyeluruh tanah-tanah mereka. Dalam buku ini anda akan membaca tentang ukuran waktu yang mula-mula sekali dan sederhana dan bagaimana secara bertahap berkembang menjadi jam modern. Tetapi pertama-tama marilah kita ajukan satu pertanyaan lain.

Pukul Berapa Sekarang?.. Dan Apa Yang Dimaksud Dengan Jam?

APA YANG DIMAKSUD DENGAN WAKTU?
Tidak ada hal lainnya di dunia yang begitu sering diukur, tapi masih merupakan suatu yang misterius, seperti waktu. Sebagian besar benda-benda yang perlu kita ukur dapat dilihat. Lainnya, seperti aliran listrik umpamanya, tidak dapat dilihat, tetapi sekurang-kurangnya dapat dimengerti.

Sebuah jam dinding atau jam tangan yang baik akan memperlihatkan waktu yang sedang berlalu dengan kecepatan yang merata, tetap dan seragam. Walaupun demikian, kita seolah-olah sering merasa bahwa waktu berlalu lebih cepat pada beberapa waktu tertentu dari pada waktu lainnya. Kalau kita sibuk dan asyik mengerjakan sesuatu yang menarik, waktu seolah-olah berlalu lebih cepat dari pada jika kita sedang berdiri menantikan bus dalam hujan. Orang sering mengatakan bahwa waktu berlalu lebih cepat selagi mereka bertambah tua. Penyair William Wordsworth mengatakan bahwa sehari-harinya selagi dia masih kanak-kanak seakan-akan dua puluh kali lebih lama dari pada hari-hari ketika dia sedang asyik menulis syair-syairnya.

Berhentilah sejenak dan perhatikanlah jarum jam atau jam tangan selagi jarum itu melewati jangka waktu satu menit. Mungkin kelihatannya atau terasa lama sekali waktu anda memperhatikan jarum itu tetapi, lama atau cepat, ia adalah satu menit yang tak akan pernah mundur atau kembali lagi. Sebelumnya yang satu menit itu tadi adalah bagian dari waktu yang akan datang. Begitu sobat mengalihkan pandangan anda dari permukaan jam itu yang satu menit tadi sudah menjadi bagian dari sejarah, bergabung dengan masa-masa silam yang menurut beberapa ahli telah empat ribu juta tahun atau lebih berlalu semenjak alam semesta mulai terkembang.

Demikian postingan tulisan berkenaan tentang pukul dan jam yang bisa terpaparkan, semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Bagikan ke :
Selanjutnya
Sebelumnya

Hanya manusia biasa, yang tak luput dari salah dan dosa. Terus berusaha dan berdo'a untuk mencari keridhaan-Nya. Ngblog untuk mengisi waktu luang dan memberikan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh para pengguna internet.

0 Comment: