Wednesday 14 March 2018

Sejarah Singkat Drs. Mohammad Hatta - Sang Proklamator

Selamat siang sob...
Semoga masih dalam keadaan semangat dan optimis...

Pada kesempatan kali ini saya akan share Sejarah Singkat Drs. Mohammad Hatta - Sang Proklamator. Yang mana postingan ini ada kaitannya dengan postingan saya sebelumnya, yakni tentang sejarah Ir. Soekarno. Tak lengkap rasanya jika sejarah Bung Hatta tidak diceritakan, karena beliau adalah Bapak Proklamator juga. Yang menemani Ir. Soekarno memploklamatorkan kemerdekaan negara tercinta kita ini. Silahkan sobat semua menyimak kembali sejarah singkatnya dibawah.

Baca juga :
Sejarah Singkat Ir. Soekarno - Sang Proklamator 
Sejarah Singkat Drs. Mohammad Hatta, Sang Proklamator, Bung Hatta

Mohammad Hatta, Drs (1902 - 1980)

Drs Mohamad Hatta atau sering disebut Bung Hatta dilahirkan di Bukittinggi, pada tanggal 12 Agustus 1902. Keluarga ibu beliau termasuk keluarga yang terkaya di daerah Bukittinggi. Tamat pendidikan Inlandche School di Bukittinggi, meskipun pada sore hari masih harus belajar agama.

Setelah menamatkan HBS di beliau melanjutkan ke HBSA Jakarta. Pada tahun 1921 beliau belajar di salah sebuah universitas di negeri Belanda dan lulus dengan mendapatkan gelar Drs. Ekonomi.

Beliau aktif berjuang dalam gerakan kebangsanaan sejak masih menjadi mahasiswa. Sama halnya dengan Bung Karno. Beliau sering tampil dikongres internasional, misalnya di Paris, Brussel sebagai wakil pemuda Indonesia. Setelah PNI (Partai Nasional Indonesia) dibubarkan, beliau mendirikan Pen didikan Nasional Indonesia (PNI) yang mengakibatkan beliau ditangkap dan dipenjarakan. Beliau pernah dibuang ke Boven Digul, Irian Jaya, tahun 1935 dan pada tahun 1936 dipindahkan ke Bandaneira. Bersama-sama dengan Bung Karno, Ki Hajar dan K.H.M. Mansyur mendirikan Putera (Pusat Tenaga Rakyat). Pada 17 Agustus 1945, bersama-sama Sukarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sesudah Indonesia merdeka, beliau diangkat sebagai Wakil Presiden RI. Ketika Belanda melancarkan aksi Militer I 21 Juli 1947, beliau sedang melakukan perjalanan dinas ke Sumatera, yakni ke Sibolga dan ke Pematang Siantar. Pada aksi Militer Il yang dimulai 19 Desember 1949, beliau ditangkap Belanda di Yogyakarta kemudian diasingkan di Pulau Bangka.

Drs. Mohammad Hatta diangkat sebagai Bapak Koperasi pada tahun 1953, karena beliau pencetus dan pejuang pelaksanaan sistem perekonomian koperasi di Indonesia. Beliau pernah memimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag Belanda untuk merundingkan masalah kedaulatan Negara RI.Pada 1 Desember 1956 beliau mengundurkan diri dari jabatan Wakil Presiden RI.

Beliau wafat di Jakarta pada tangal 14 Mei 1980, dimakamkan di Pekuburan Tanah Kusir Jakarta. Untuk mengenang jasa-jasa beliau, maka namanya bersama Bung Karno diabadikan di Pelabuhan Udara terbesar di Indonesia yakni : "Bandara Sukarno Hatta", yang terletak di Cengkareng Jakarta.
Selain itu kedua beliau diangkat sebagai tokoh Proklamator, pendiri Republik Indonesia.

Demikianlah postingan tentang Sejarah Singkat Drs. Mohammad Hatta - Sang Proklamator , semoga dapat memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kesadaran terhadap perjuangan pahlawan bangsa. Dan semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Bagikan ke :
Selanjutnya
Sebelumnya

Hanya manusia biasa, yang tak luput dari salah dan dosa. Terus berusaha dan berdo'a untuk mencari keridhaan-Nya. Ngblog untuk mengisi waktu luang dan memberikan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh para pengguna internet.

0 Comment: