Wednesday 7 March 2018

Sejarah Singkat Ir. Soekarno - Sang Proklamator

Selamat siang sob...
Semoga tetap semangat dan bergairah...

Pada ksempatan ini saya akan share Sejarah Singkat Ir. Soekarno - Sang Proklamator. Ya barangkali saja sobat ada yang belum mengetahui sejarah nya, maka saya akan ceritakan dipostingan ini. Dan barangkali saja sobat ada yang ingin membaca dan mengingat kembali dari sejarah sang Proklamator kita, silahkan dibaca saja sejarah singkatnya.

Sejarah Ir. Soekarno, Sang Proklamator

SOEKARNO, Ir (1901 - 1970)


Ir Soekarno dilahirkan di Surabaya 6 duni 1901, dari keluarga Raden Sukemi dan Ida Nyoman Rai. Beliau menyelesaikan penedidikan Sekdah Dasar di ELS di Mojokerto dan HBS di Surabaya. Beliau melanjutkan pendidikan tinggi di ITB Bandung sampai mendapat gelar Ir. tahun 1926. Beliau ikut berjuang dalam pergerakan kebangsaan semenjak masül mahasiswa. Beliau juga mendirikan "Algemeene Studie Club" di Bandung, dan majalah Indonesia Muda. Beliau sering menulis di surat kabar tentang cita-cita bangsa Indonesia untuk merdeka. Tahun 1927 beliau mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia), bersama-sama Mr. Iskak, Mr. Sunaryo, Mr. Sartono. Partai ini tidak mau bekerja sama dengan pemerintah Belanda.

Pada tahun 1929, karena dituduh akan mengadakan pemberontakan, beliau dipenjarakan selama 4 tahun di Penjara Sukamiskin Bandung. Setelah keluar dari penjara tulisan dan pidatonya semakin berapi-api membakar semangat rakyat agar menentang pemerintah Belanda. Beliau ditangkap lagi dan dibuang ke Endeh selama 4 tahun, kemudian dipindahkan ke Bengkulu. Ketika Jepang menguasai Indonesia pada tahun 1942, beliau dibawa ke Jakarta.

Pada tahun 1943 Pemerintah Jepang mendirikan Pusat Tenaga Rakyat (Putera). Jepang menunjuk Empat Serangkai : Ir. Soekarno, Drs. Mdlammad Hatta, Ki Hajar Dewantara dan Kiai Haji Mas Mansyur sebågai pemimpinnya.

Jepang mengetahui -bahwa keempat pemimpin tersebut adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat, disegani, dicintai dan dihormati. Oleh sebab itu, Jepang berpengharapan bahwa mereka mampu mengerahkan kekuatan rakyat untuk kepentingan pemerintah Jepang. Tetapi dugaan itu ternyata meleset, bahkan kesempatan ini oleh Bung Karno digunakan untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa demi kemerdekaan mendatang.

Pada tanggal 1 Juni 1945, beliau menyampaikan pidato tentang Dasar Negara Indonesia, kelak tanggal ini terkenal sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Demikian pula pada tanggal 17 Agustus bersama Bung Hatta, mewakili bangsa Indonesia memproklamaslkan kemerdekaan negara Republik Indonesia, dan beliau diangkat menjadi Presiden RI yang pertama.

Ketika Belanda melancarkan Agresi Militer I, beliau memimpin perjuangan di Jawa, tetapi pada Agresi Militer Il, beliau ditangkap Belanda, kemudian dibuang ke Bangka. Sekembali dari pengasingannya beliau tetap sebagai presiden Republik Indonesia.

Ir. Soekarno adalah pimpinan besar dan sekaligus sebagai orator yang terkenal, Karena kepemimpinannya, Indonesia yang membentang dari Sabang (Sumatera) sampai Merauke (Irian Jaya) dapat disatukan, Kepemimpinan beliau sejajar dengan kepemimpinan negarawan di dunia lainnya. Misalnya : J.P. Nehru dari India, Jamal Abdul Nasser dari Mesir.

Pada tanggal 30 September 1965, PKI melakukan pembrontakan untuk merebut kekuasaan, namun dapat digagalkan dan ditumpas. Pemberontakan ini banyak menelan korban tokoh-tokoh pahlawan Indonesia. Karena itu pada tanggal 11 Maret 1966, beliau menyerahkan kekuasaannya sebagal Presiden kepada Jenderal Soeharto dengan Surat Perintah 11 Maret yang terkenal dengan nama Super Semar.

Ir. Soekarno wafat di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970 dan dimakamkan di kota Blitar. Beliau mendapat anugerah sebagai Pahlawan Proklamasi. Untuk mengenang jasa-jasanya, nama beliau diabadikan pada Lapangan terbang di Cengkareng Jakarta, yakni Bendara Sukarno Hatta.

Demikianlah postingan tentang Sejarah Singkat Ir. Soekarno - Sang Proklamator, semoga dapat memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kesadaran terhadap perjuangan pahlawan bangsa. Dan semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Bagikan ke :
Selanjutnya
Sebelumnya

Hanya manusia biasa, yang tak luput dari salah dan dosa. Terus berusaha dan berdo'a untuk mencari keridhaan-Nya. Ngblog untuk mengisi waktu luang dan memberikan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh para pengguna internet.

0 Comment: